Wajib tau! ceritakan ke anak kita penemu terhebat adalah muslim

Bismillahirrohmannirrohim,

Selamat Pagi Abi dan Umi, semoga selalu dalam keimanan dan ketaqwaan. Alhamdulillah di era millenial sekarang, banyak lapisan masyarakat yang kembali belajar tentang agamanya, khusus muslim Indonesia, AlQuran dan Alhadist menjadi pedoman hidup. Sunnah Rosul di jalankan dan berbondong-bondong ke arah hidup syar’i.

Anak-anak sejak dini mulai diperdengarkan lantunan ayat suci, dimasukkan ke TPA dan Majelis Ilmu agar kelak menjadi anak yang soleh/solihat yang menjadi kebanggaan orang tua dan cahaya di akhirat kelak..aamiiin. Namun banyak diantara kita yang belum tahu,,,penemu terhebat dalam sejarah,,,sebagian besar menjawab penemu dari kalangan orang barat. Coba renungkan Abi/Umi…padahal sebaliknya,,,penemu Islam adalah cikal bakal berkembangnya ilmu pengetahuan sekarang ini. mo tau..penasaran ya….yuk kita bongkar abis,,,dan jangan lupa ceritakan pada ananda di rumah agar mereka bangga serta termotivasi untuk berkarya, menanamkan dakwah nilai-nilai islam di dalam dirinya hingga kelak dewasa nanti.

  1. AL JAZARI ( SANG PENEMU MESIN )Adalah seorang Ilmuwan dari Al Jazira, Mesopotamia, yang hidup pada abad pertengahan.Dia adalah penulis Kitáb fí ma’rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik) tahun 1206, di mana dia menjelaskan lima puluh peralatan mekanik berikut instruksi tentang bagaimana cara merakitnya.Beberapa peralatannya terinspirasi oleh peralatan-peralatan sebelumnya, seperti salah satu jam airnya yang monumental, yang berdasarkan Pseudo-Archimedes. Dia juga mengutip pengaruh Banu Musa bersaudara untuk air mancurnya, Al Asturlabi untuk desain jam lilin, dan Hibat Allah ibn al-Husayn untuk musical automata. Al-Jazari melanjutkan dengan menggambarkan perbaikan yang dibuatnya terhadap hasil karya pendahulunya, dan menjelaskan peralatan-peralatan, teknik-teknik, dan komponen-komponen yang merupakan penemuan orisinilnya yang tidak tampak dalam hasil karya pendahulunya.

    Di samping prestasinya sebagai penemu dan insinyur, al-Jazari juga seorang seniman. Dalam “Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik”, dia memberikan instruksi tentang penemuan-penemuannya dan menggambarkannya menggunakan lukisan miniatur, gaya seni Islam abad pertengahan.

  2. AL ZAHRAWI ( SANG DOKTER BEDAH )

    Ahli bedah yang termasyhur hingga ke abad 21 itu bernama lengkap Abu al-Qasim Khalaf ibn al-Abbas Al-Zahrawi. Ia terlahir pada tahun 936 M di kota Al-Zahra, sebuah kota berjarak 9,6 km dari Cordoba, Spanyol.

    Al-Zahrawi adalah seorang dokter bedah yang amat fenomenal. Karya dan hasil pemikirannya banyak diadopsi para dokter di dunia barat. “Prinsip-prinsip ilmu kedokteran yang diajarkan Al-Zahrawi menjadi kurikulum pendidikan kedokteran di Eropa,” ujar Dr. Campbell dalam History of Arab Medicine.

    Ia dikenal sebagai salah satu ilmuwan muslim terkenal dan merupakan tokoh peletak dasar-dasar ilmu bedah modern. Orang barat mengenal Al Zahrawi dengan nama Abulcasis.

  3. IBNU AL KHAITSAM ( PENEMU CARA KERJA OPTIK )Lahir di kota Bashrah, Irak, pada tahun 354 H/965 M, Al Haitsam mengenyam pendidikan di kota tersebut sebelum pindah ke Baghdad. Di kota ini, dia mulai belajar dan mendalami ilmu-ilmu Arab dan agama. Selain itu, dia juga mendalami ilmu matematika, astronomi, kedokteran, dan filsafat.Ilmuwan muslim jenius yang satu ini adalah seorang yang ahli di bidang fisika, matematika, astronomi, logika, filsafat, geometri dan ilmu cahaya. Penemuan besarnya dalam bidang ilmu alam, khususnya ilmu optik yang sangat berpengaruh dalam peradaban dunia barat. Dia adalah Bapak Optik. Nama lengkapnya Abu Ali Muhammad Al Hassan ibnu Al-Haitsam. Orang Eropa mengenalnya dengan nama Alhazen (bahasa latin) yang dinisbatkan pada nama depannya, Al-Hassan.
  4. JABIR IBNU HAYYAN ( PENGEMBANG AROMA PARFUM )
  5. KOCA MIMAR SINAN ( SANG ARSITEK )
  6. LAKSAMANA CENG HO ( PELAUT PENJELAJAH DUNIA )
  7. IBNU BATUTA ( PENJELAJAH DUNIA )
  8. FATIMAH AL FITRI ( IBU PENDIRI UNIVERSITAS )
  9. IBNU SINA ( BAPAK KEDOKTERAN )
  10. ABBAS BIN FIRNAS ( ORANG PERTAMA YANG TERBANG DI DUNIA )

 

 


Tinggalkan Balasan