TIPS Perawatan Meninggalkan Cupang Saat Liburan

Assalamu alaikum,,,betta lovers…

Selamat Malam Bro,,,

Sebentar lagi liburan hari raya Lebaran/ Idul Fitri akan datang, bagi Anda betta lovers atau betta mania tentunya akan meninggalkan Ikan Cupang Anda sendirian di rumah. Karena biasanya kita pas liburan hari raya Lebaran/ Idul Fitri akan pergi dalam waktu yang cukup lama sampai 1 minggu atau lebih mudik ke kampung halaman masing-masing. Moment ini memang sangat spesial untuk Kita namun perlu juga kita perhatikan Ikan Cupang yang akan kita tinggal nanti.

Ikan Cupang adalah ikan air tawar yang sangat tangguh, dapat bertahan dalam kondisi ekstrim seperti tanpa oksigen terlarut sekalipun dan tidak diberi makan dalam jangka waktu yang lama. Namun Ikan Cupang juga bisa stress seperti manusia jika lingkungan tempat tinggalnya kotor, tidak terawat, dan sakit apabila menjumpai perubahan  udara dan suhu air yang tajam.

Untuk itu persiapkanlah liburan Anda dengan sebaik-baiknya dan juga kepada Ikan Cupang Anda agar dapat bertahan hidup hingga Anda kembali lagi ke rumah. Semoga info ini bermanfaat ya…

Berikut tips bagaimana perlakuan pada Ikan Cupang saat liburan panjang:

  • Jangan beri makan 1-2 hari sebelum hari keberangkatan atau puasakan Ikan Cupang Anda kemudian buka sekatnya lebih sering agar si Ikan Cupang cepat membuang kotorannya.
  • Ganti air baru beberapa jam sebelum berangkat dan masukkan daun ketapang olahan
  • Sebaiknya hindari pemijahan sebulan sebelum Liburan agar tidak meninggalkan bayi/burayak Ikan Cupang. Namun apabila sudah terlanjur dipijah, beri tambahan tumbuhan air seperti eceng gondok, kiambang atau kapu-kapu sebagai media berlindung dan pakan cadangan bagi burayak karena mereka akan memakan jasad renik yang hidup bersama tanaman air tersebut.
  • Taruh dan simpan wadah atau aquarium di dalam rumah, tutup sebagian agar menghindari predator alami seperti tokek, serangga dan maling.
  • Ketika Anda kembali ke rumah langkah pertama segera memberi makan Ikan Cupang, air lama biarkan selama 1-2 hari, setelahnya boleh dikuras (disiphon) dan diganti dengan air yang baru.
  • Bagi wadah burayak tidak perlu diganti airnya karena rendaman air daun ketapang merupakan media yang sangat baik untuk tumbuh kembang burayak.

 

Nah sudah jelas kan caranya,,,silahkan praktekkan ya,,,semoga liburan Anda berjalan baik dan lancar,,,HAPPY HOLIDAY…

 

Selamat Idul Fitri 1439 H

Mohon Maaf Lahir Batin

Taqobbalallohu Minna Wa Minkum

 

Salam Betta

Wassalam


Tinggalkan Balasan