Cara Cek Fisik Kendaraan Bermotor di SAMSAT Rajabasa Lampung

Tata tertib berlalu lintas adalah aturan atau peraturan yang harus dikerjakan oleh para penguna/pengendara kendaraan bermotor saat di jalan raya sesuai dengan ketentuan yang berlaku saat itu dan bagi pelanggar akan ada sanksi.

Tingkat kecelakaan di jalan raya dipengaruhi faktor tertib berlalu lintas. Dengan pemahaman yang baik tentang peraturan safety riding, pengendara kendaraan roda dua dan roda empat dapat terhindar dari kecelakaan dan menjaga keselamatan diri sendiri.

Diantaranya yang termasuk dalam tertib berlalu lintas adalah: a. menggunakan helm standar SNI, b. melengkapi diri dengan SIM, c. menggunakan dua spion, d. desain motor sesuai standar pabrik, e. menyalakan lampu sein pada saat akan berbelok, f. tidak memainkan ponsel saat berkendara, g. menaati rambu-rambu lalu lintas, h. menyalakan lampu besar saat siang hari bagi motor.

Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya juga taat membayar pajak kendaraan bermotornya, karena pajak tersebut mempunyai sumbangsih sebagai sumber pemasukan negara. Orang Bijak Taat Pajak. Nah, saya ada pengalaman menarik nih waktu melakukan pengecekan fisik/cek fisik di kantor SAMSAT (Sistem Manunggal Administrasi Satu Atap) Rajabasa Lampung Jalan alamat Jl. Pramuka Nomor 1 Rajabasa Bandar Lampung Telp. 0721-706468.

Sehabis jumatan, Saya meluncur ke kantor SAMSAT Rajabasa Lampung untuk cek fisik motor Honda Suprafit X tahun 2008 yang akan habis 12 maret ini. Lokasi cek fisik ada di bagian kanan dari area SAMSAT.

Begini langkah-langkah cek fisik:

  1. Daftar di loket pendaftaran untuk mengambil formulir dan stiker cek fisik, bawa BPKB dan STNK Asli
  2. Gesek no rangka dan no mesin kendaraan, jangan kuatir sudah ada petugas yang akan membantu sampai selesai
  3. Tempel kembali stiker hasil cek fisik di formulir
  4. Pergi ke sisi kiri loket sudah ada petugas yang membantu mengisi formulir, di print beserta bukti foto proses pengecekan fisik oleh petugas
  5. Bayar 5.000 aja
  6. Masukkan kembali formulir pendaftaran, beserta BPKB Asli dan STNK Asli
  7. Silahkan duduk dan tunggu di panggil
  8. Ambil hasil formulir cek fisik setelah dicap dan diverifikasi oleh petugas

Mudah cepat dan murah cuma goceng (5.000) rupiah doank administrasi cek fisik.

Berikut contoh formulir cek fisik yang sudah diverifikasi:

 


2 tanggapan pada “Cara Cek Fisik Kendaraan Bermotor di SAMSAT Rajabasa Lampung”

  1. salam mas,
    thanks atas artikelnya.
    Kalo untuk cek fisik kendaraan luar kota, prosesnya apakah juga mudah mas?
    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan