Sekilas Mengenal Ikan Cupang (BETTA SP)

Selamat pagi,,,,

Assalamu alaikum,,,,

 

Ikan Cupang atau BETTA SP adalah jenis ikan air tawar yang asli dari kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapur, Brunei, Thailand dan Vietnam. Hidupnya soliter atau sendiri, memiiki bentuk dan sifat yang unik, agresif dalam mempertahankan daerahnya. Para penghobi ikan pastinya mengenal ikan jenis ini, mulai dari kecil kita sudah mengadu ikan cupang,, bener kan…nah ada 3 klasifikasi jenis ikan cupang ini, yaitu cupang hias, petarung dan biasa.

Ikan petarung umumnya anak-anak yang menyukainya, Saya ingat sekali setiap musim ikan cupang hampir semua anak laki-laki memilikinya dan mereka jadikan mainan, sebagai cupang aduan. Kalau jenis yang biasa hidupnya liar di alam dan biasanya warna tidak terlalu dominan atau tidak menyala (gelap). Cupang hias bentuk dan corak warna sangat beragam, nilai ekonominya pun jauh di atas jenis ikan cupang lainnya. Cupang jenis ini adalah favorit orang dewasa, kecantikan dan keunikan sifat dari ikan cupang menjadi daya tarik sendiri, ketangguhan dan berani dalam menjaga daerahnya masing-masing.

Baca Juga : Ikan Cupang Koi Emerald Sampai Tembus Jutaan Rupiah

Perlu diperhatikan bahwa ikan cupang adalah tipikal ikan yang sangat privat, jadi jangan disatukan antara pejantan dewasa dengan yang lain, boleh memakai wadah botol atau akuarium kecil. Tubuhnya kecil namun ketahanan fisiknya sangat baik dan mudah beradaptasi di air tawar, tidak perlu tempat besar dan aerator. Bahkan sebulan tidak makan makan dia masih kuat.

Ikan ini sangat menyukai pakan seperti jentik-jentik nyamuk (encu), cacing sutra, hati ayam mentah, kuning telur matang dan kutu air. Bisa di bilang memelihara ikan cupang tidak modal apa-apa bisa, cukup kita siapakan wadah dan pakan yang bisa dicari di lingkungan rumah kita sendiri.

 

Wassalam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tinggalkan Balasan