Kendala Umum Breeding Ikan Cupang Hias

Selamat Sore…

Salam Betta…

Kesenangan memelihara hewan terutama ikan hias adalah obat stress ampuh disela-sela kerjaan kita sehari-hari. Melihatnya menari-nari di aquarium (aquascape), liukan sirip, ekor dan warna warni tubuhnya memanjakan mata semua yang melihat. Memang begitu besar yah kuasa Allah yang maha Esa menciptakan hewan ini. Ikan hias juga beragam dari air tawar dan air asin maupun air payau. Nah untuk kalian penghobi ikan cupang hias pasti tau dunk jenis paling ciamik tahun ini. Pastinya Koi Emeral atau Candy biasa dikenal di dunia sebagai cupang kualitas terbaik dan termahal. Paduan warna merah, oranye, kuning membuatnya banyak dicari penghobies cupang internasional.

Baca Juga : Ikan Cupang Koi Emerald Fantastis

Ikan Cupang hias saat ini banyak sekali ragam jenisnya mulai dari Plakat Koi, Giant, Koi Galaxy, Fancy, Crown Tail, Halfmoon,Rose Tail, King Rose Tail, Double Tail, Big Ear dan Dumbo Ear serta masih banyak lagi. Koi sendiri sudah beragam mulai Koi Galaxy, Koi Fancy, Koi Plakat, Koi Emerald Candy yang saat ini harganya sampai Jutaan. Semua ini ada karena para breeder di dunia berlomba-lomba menciptakan jenis varian baru.

Bagi kalian yang memiliki cupang terus ingin mencoba berternak, gampang-gampang susah sih, berikut ini beberapa kendala yang biasanya di hadapi breeder pemula:

  1. Ikan sudah dijodohkan lalu di satukan untuk kawin namun GAGAL
  2. Ikan sudah dikawinkan, telurnya banyak, Betina sudah di angkat, Jantan menjaga telur, ternyata Jantan memakan telur-telurnya, GAGAL
  3. Ikan sudah dikawinkan, Jantan menjaga telur kemudian telur menetas, tiba-tiba Jantan memakan Burayak, GAGAL
  4. Burayak sudah banyak berusia 4 hari lalu kebingungan kasih makan apa, akibatnya Burayak Mati Masal, GAGAL
  5. Burayak jadinya cuma sedikit padahal netasnya banyak

Pantengin terus blog ane, akan ada tips dan trik mengantisipasi semua masalah di atas,

Semoga bermanfaat

wassalam


1 tanggapan pada “Kendala Umum Breeding Ikan Cupang Hias”

  1. Pingback: Tips Cara Ngebreed Ikan Cupang Bagi Pemula – Vovo Blog

Tinggalkan Balasan