Cara menetaskan telur Nila dengan botol

Caranya cukup mudah dengan bantuan botol Saya telah berhasil menetaskan telur Nila, Alhamdulillah 100 % netas artinya cara ini sangat efektif di dalam menetaskan telur-telur nila secara manual.

Saya sebenarnya tidak sengaja mendapatkan telur-telur Nila ini, jadi ketika Saya nguras kolam, ada Ikan Nila yang prilakunya aneh dia tidak mau diberi makan dan sangat agresif. Mulutnya agak membesar atau bengkak, Saya kira sakit sehingga langsung Saya angkat dipindahkan ke wadah sendiri.

Pas dibuka mulutnya mengeluarkan benda berwarna kuning berbentuk bulat-bulat. Jumlahnya sekitar 150-200 telur. Walah banyak juga nih. Langkah sigap Saya ambil kembali betina/induknya dan kembalikan ke kolam semula. Telur Nila siap ditetaskan.

Begini ya caranya (berdasarkan pengalaman pribadi) dijamin 99.9% berhasil:

  1. taruh telur nila didalam botol mineral kemasan 600 ml
  2. tambahkan air 2/3 dari volume botol
  3. masukkan aerator dan nyalakan terus menerus
  4. 3-4 hari kemudian in sya alloh akan menetas

Pindahkan ke wadah yang lebih besar seperti akuarium. Kenapa Saya memilih akuarium karena lebih gampang dalam mengamati perkembangan baby nila day by day, dan teruskan memakai aerator sampai baby nila usia 2 minggu, Tidak lupa beri makan setelah perut baby nila sudah mengecil ( cadangan makanan yang ada diperut baby nila sudah habis) dengan pelet halus, artemia, atau microworm 3 sampai 4 kali dalam sehari.

BACA JUGA:

Selamat mencoba,,,

wassalam


Tinggalkan Balasan