Cara Memanen Microworm

Setelah 3-7 hari dinding wadah akan mulai dirayapi MICROWORM, kasat mata bisa dilihat seperti ada guratan-gurtan putih di sekitar dinding wadah. Sudah saatnya dipanen nih buat pakan burayak kita. Oh ya MICROWORM akan hidup selama tidak sampai kering, jika habis rotinya cukup masukkan kembali roti baru. Jadi bisa dipakai selamanya asal media hidupnya kita jaga jangan sampai kering y.

Simak nih cara panennya:

  • gunakan kapas, cotton bud, stik es krim dsb untuk mengambil MICROWORM nya
  • Cara lain yang menggunakan kapas sintetis. Potong kapas dengan tepal 1-2mm saja. Masukkan kapas pada air atau lembabkan dengan air dan diletakan didatas media. Tunggu beberapa menit, kapas akan dirayapi oleh ribuan cacing.
  • Setelah Kapas sintetis pertama sudah dirayapi. masukkan kapas sintetis dengan ukuran sama diatas lembaran pertama. Lapisan kapas sintetis kedua yang akan dipanen secara rutin. Tunggu beberapa jam dan akan dipenuhi cacing renik dan siap dipanen.
  • siapkan wadah berisi air untuk membersihkan MICROWORM nya, masukkan media tadi ke dalam air, MICROWORM akan jatuh dan berada di dasar wadah, hal ini supaya terpisah antara bahan kultur dan MICROWORM nya.
  • ambil menggunakan sendok dan siap diberikan kepada burayak-burayak

Ingat ya,,,MICROWORM akan langsung ke dasar wadah sehingga disarankan tinggi air untuk burayak jangan terlampau tinggi cukup 10-15 cm saja. Jangan juga kebanyakan memberi pakan karena MICROWORM hidup cuma selama 6 jam saja.

Semoga bermanfaat

 

Wassalam.

 

 


Tinggalkan Balasan