Bis Jurusan Merak Karawang | PO ASLI PRIMA

Assalamu ‘alaikum,,

Selamat Pagi Sobat…

Mo berbagi cerita kembali nih, mudah-mudahan pengalaman ini akan bermanfaat kelak bagi Anda yang membutuhkan. Ceritanya begini,,,Saya mau mengantarkan adik bungsu pulang ke Karawang dan rencananya mau lewat jalur darat (naek bis). Saya kemudian mencari referensi ke DAMRI namun karena waktu yang mendadak Saya putuskan naek bis dan mutus-mutus aja, secara low cost budget,he…he..he…

Kami (Saya, Adik dan Dzaky) keluar rumah pukul 5 sore menuju Terminal Rajabasa menggunakan Grab Car dengan biaya 17K dari hajimena. Setibanya di sana, ternyata bis ac jurusan Rajabasa Bakauheni sedang menurunkan penumpangnya dan beralih ke bis ekonomi non ac karena penumpang sedikit. Sempat ditawari oleh “orang-orang” atau calo supaya naek bis ini aja (ekonomi non ac) namun Kami tolak karena lebih memilih kenyamanan dalam perjalanan. Akhirnya Kami tunggu beberapa saat ternyata bis selanjutnya masih lama beroperasi. haduh,,gimana nih…

Mobil travel menjadi pilihan terakhir Kami karena mengejar waktu sudah menjelang magrib. Kami tidak sempat memilih saat itu. jadi mobil travel yang ada saja kami naik. Alhamdulillah dapat mobil jenis SUZUKI APV NON AC alias pake ac alam lebih natural,,,hihihi…biaya 35K per orang menurut Saya cukup lah, biasanya hanya 30K sih,,tapi ya sudahlah semoga aman sampai tujuan.

Sampai Pelabuhan Bakauheni pukul 7.30 malam, Kami langsung menuju loket tiket kapal dan membayar dengan tarif Dewasa 12K, Anak di atas 2 tahun 5K jadi total biaya tiket Kapal Ferry 29K. Suasana saat itu sepi dan lengan sampai-sampai kami sendirian di ruang lesehan Kapal Ferry. Ada biaya tambahan tarif lesehan Dewasa 12K dan Anak di atas 3 tahun 5K. Disana juga disewakan bantal yang besarnya 5K. Jangan heran banyak orang berlalu lalang menjajakan makanan dan jualan serta pengobatan terapi pijat refleksi,,,sedikit mengganggu memang namun anggap aja bumbu perjalanan, mereka juga sedang usaha kan…Tooooot…tooot…tooot…. bunyi suara sirene dari Kapal Ferry menandakan akan segera berangkat menuju Pelabuhan Merak, jam sudah menunjukan pukul 8 malam.

Kami gunakan waktu sambil makan dan sekedar bercengkrama untuk melepas lelah. Fasilitas kamar mandi dan toilet juga tersedia dan cukup memadai. Musholla untuk sholat serta fasilitas pendukung lainnya Saya nilai cukup lengkap sesuai standar. Tidak terasa waktu berlalu dan bunyi sirene  kembali terdengan toooot,,,tooot,,,toooot…para penumpang segera berkemas dan siap-siap untuk turun dari Kapal Ferry, kami pun begitu. Sebelumnya kami cek kembali barang bawaan jangan sampai ada yang terlewat atau tertinggal.

Jam 11 malam kami tiba di Pelabuhan Merak dan mencari Masjid terdekat di dalam Pelabuhan Merak, suasana ramai di pelataran masjid, banyak penumpang yang juga istirahat sambil ishoma menunggu bus yang akan membawa mereka ke tujuannya masing-masing. Salah satu ciri khas Pelabuhan Merak yang Saya amati adalah:

• ada penjual powerbank
  • ada penjual pop mie, kopi dan rokok keliling
  • ada calo perjalanan, yang ini harap berhati-hati
  • ada minimarket Alfa dan Indo
  • ada ojek, biaya 10K untuk mengantar ke terminal bis

Khusus untuk ojek, Kami ditawari beberapa kali dan Saya tolak karena Saya lebih memilih jalan kaki melewati jejeran penjual makanan di areal menuju terminal bis. Jaraknya tidak terlalu jauh pula sekitar 300 meter ke terminal bis tersebut. Saya sempet bertanya kepada petugas setempat apa nama bis jurusan Merak Karawang dan kapan berangkatnya, ada pak jawab beliau “naek aja ASLI PRIMA nanti berangkatnya pukul 3 – 4 pagi.”

Karena waktu masih lama Kami beristirahat di pelataran masjid sambil menunggu jam berangkat bis ASLI PRIMA. Mata terasa ngantuk namun Saya tidak bisa karena kekuatiran barang-barang bawaan akan hilang, tapi adik dan dzaky saya suruh untuk tidur.

Pukul 3.30 kami langsung menuju terminal bis dan segera naik mencari tempat duduk. Seat 2-2 cukup luas jarak antar bangku. Pukul 4.15 supir mulai menyalakan mesin dan jam 4.30 bis jalan dari Pelabuhan Merak menuju Karawang. Di tengah perjalanan Kami dimintai uang ongkos, habis 150K, so biaya 1 bangku hanya 50K.

Perjalanan kali ini merupakan pengalaman pertama Saya menggunakan bis ini, biasanya saya menuju Terminal Kampung Rambutan dulu baru ke Karawang. Cukup melelahkan karena banyak waktu menunggu atau ngetem di beberapa titik seperti serang, tol kebon jeruk, tol jati bening. Saya memaklumi saja, yang penting sampai di tujuan dengan selamat. Pagi hari bis ini juga mengangkut penumpang mayoritas buruh/pekerja pabrik di kawasan cilegon dan serang. Suasana pengap seperti naek METRO MINI atau BUS PATAS,,,sangat tidak nyaman sekali. hadeeeh…

Namun akan lengang kembali ketika mereka sudah turun di lokasi kerja masing-masing, setibanya di tol kebon jeruk suasana bis sudah aman dan sepi hanya tersisa beberapa penumpang. Saya tidak bisa menahan kantuk dan sempat tertidur pulas sampai di tol Cikarang Barat.hehe,efek kecapean kayaknya…

Tidak lama memasuki bis memutar arah kiri menuju Gerbang Tol Karawang Barat, jam menunjukkan pukul 8.15 pagi. Suasana Kota Karawang jauh berbeda semenjak Saya tinggalkan 4 tahun silam. Sekarang sudah sangat maju, berdiri hotel-hotel, apartemen, mall, dan masuknya developer ternama nasional seperti Podomoro Land semakin menambah perkembangan pesat Kota Karawang. Hal ini dikarenakan faktor magnet kawasan industri, banyak pendatang dari luar kota mencari kerja mengadu nasib di kota yang lebih dikenal dengan GOYANG KARAWANG nya.

Akhirnya sampai di depan perumahan Citra Kebun Mas (CKM) tepat sebelum Terminal Bis Klari Karawang. Bis PO ASLI PRIMA akan berhenti terakhir di terminal ini. Alhamdulillah sampai juga ke rumah,,,dengan selamat,,,tanpa kekurangan apapun dengan biaya yang sangat ringan.

Happy Ied Mubarok

Wassalam

nb: Jam Keberangkatan dari Karawang-Merak pukul 13.00 Siang dan 09.00 Pagi

1 tanggapan pada “Bis Jurusan Merak Karawang | PO ASLI PRIMA”

1. UNTUK YG TERHORMAT PEMILIK BUS ASLI PRIMA TOLONG BERITAHU PEGAWAI ANDA UNTUK MENGHARGAI PENUMPANG.
    SAYA TIDAK JADI NAIK KE BUS ANDA HARI INI JAM 19.05 WIB DI TOL KEBON JERUK 1!
    SAYA BARU TAHU JIKA SAYA TIDAK JADI NAIK KE BUS ASLI PRIMA, SAYA DIDORONG SAAT SAYA INGIN TURUN DARI BUS DAN SAYA HAMPIR JATUH SAAT TURUN TANGGA BUS.
    SAYA TIDAK JADI KARENA SAYA BERSAMA ADIK PEREMPUAN SAYA MAU KE MERAK TETAPI TIDAK JADI KARENA SAYA TIDAK ADA TEMPAT DUDUK (HANYA ADA SATU TEMPAT DUDUK TERSISA).
    TOLONG AJARI PEGAWAI ANDA TATA KRAMA.
    APAKAH BEGINI SEMUA PELAYANAN YANG DIBERIKAN OLEH PERUSAHAAN ANDA.