Arti Lampu Indikator Motor BerWarna Merah Tanda Mesin Over Heat

Kejadian ini terus terang baru pertama kali Saya mengalaminya. Kejanggalan pertama ketika mulai menekan starter motor matic Vario untuk menyalakan beberapa kali mesin tidak hidup juga, Saya coba engkol kaki beberapa hentakan namun tidak bergeming, mesin mati. Aduh, kenapa y,,tidak berapa lama berselang Saya coba kembali menekan starter,,,,jreeeng,,,alhamdulillah nyala.

Kejanggalan kedua, ketika mulai jalan asap knalpot motor matic Vario Saya kok agak berbau tidak seperti biasanya, tapi tak Saya hiraukan terus berjalan menuju Pasar Natar.

Kejanggalan Ketiga, di tengah jalan tiba-tiba lampu indikator gambar kunci air menyala merah pada panel spidometer. Saya pinggirkan motor kemudian mulai mencari sebabnya apa searching lewat mbah google.

Baca Juga : Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Ternyata lampu indikator motor matic Vario menyala berwarna merah menandakan mesin over heat/kepanasan melebihi standar akibat kurangnya air pendingin radiator. Proses pendinginan dari radiator ke mesin tidak berjalan normal sehingga mesin juga akan overheating. Tutup radiator coba Saya pegang memang sangat panas sekali.

Segera Saya masuk ke bengkel motor terdekat. Ingat, gunakan lap basah untuk membuka tutup radiator. Tambahkan cairan pendingin khusus untuk motor matic dimulai dari bagian bawah sampai penuh kemudian dilanjutkan bagian atas disamping tangki bensin buka katupnya dan isi pelan-pelan. Selesai, nyalakan kembali starter motor, lampu indikator temperatur suhu tidak menyala lagi.

Problem Solve…

 

 


2 tanggapan pada “Arti Lampu Indikator Motor BerWarna Merah Tanda Mesin Over Heat”

    1. klo pengalaman saya lampu menyala merah itu over heat,,,air radiator kurang atau mo habis. utk lebih jelas masukin bengkel aja bos

Tinggalkan Balasan