Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi Honda | 2018

Selamat malam bro,,

Apakah Anda sekarang pengguna motor injeksi,,,perlu diketahui pada motor tersebut ditempatkan sensor-sensor hampir disemua bagian motornya. Jika ada kedipan pada lampu indikator spidometer yang umumnya berwarna kuning atau seperti tanda ikon mesin maka itu pertanda ada masalah atau kerusakan pada motor Anda. Lampu ini biasa disebut check engine atau lampu MIL (Malfunction Indicator Light). Tanda kedipan biasanya juga dimulai pada 2 detik pertama ketika posisi kontak ON, kemudian detik berikutnya mati. Jumlah kedipan menandakan titik mana yang rusak, atau juga komponen mana yang bermasalah. Nah berikut ini penjelasan tentang arti dari kedipan lampu tersebut, cekidot…

Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi Honda :

  • Kedipan panjang bernilai 10 (sepuluh)
  • Kedipan pendek bernilai 1 (satu)

Catatan : Jika ditemukan kedipan pendek sebanyak 7 kali maka nilai MIL nya adalah 7 (tujuh). Namun
jika ditemukan kedipan panjang 1 kali + 2 kali kedipan pendek maka nilai MIL nya adalah 12 (duabelas).

Error sistem kurang lebih 3-5 detik ada jeda antara satu dengan berikutnya.
Berikut ini adalah beberapa indikator error pada indikator speedometer motor Honda sistem injeksi yang ditangkap oleh MIL (Malfunction Indikator Light), yaitu:

  • 1 kedipan menandakan Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) – Kode ini memastikan motor Anda mengalami kerusakan pada Manifold Absolute Pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold.
  • 7 kedipan menandakan Sensor EOT/ECT (Engine Oil /Coolant Temperature) – Apabila kode ini muncul, Engine Oli Temperatura atau Engine Coolent Temperature mengalami gangguan. Gangguan ini menyebabkan sistem pembakaran tidak bisa bekerja secara maksimal yang berimbas pada pemborosan bahan bakar.
  • 8 kedipan menandakan Sensor TP (Throttle Position) – Kode ini menunjukkan terjadinya gangguan pada sensor Throttle Position. Kerusakan pada sensor tersebut menyebabkan pemborosan bahan bakar dan sulit starter.
  • 9 kedipan menandakan Sensor IAT (Intake Air Temperature) – Dipastikan Intake Air Temperature Anda mengalami gangguan. IAT sendiri bekerja dengan cara mendeteksi suhu udara yang melewati throttle body, kemudian mengubah suhu menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Dengan adanya sensor IAT, jumlah bahan bakar yang diinjeksikan akan selalu pada tingkat yang optimal.
  • 12 kedipan menandakan Sensor Injektor – Kode ini menunjukkan Injector sepeda motor Anda mengalami masalah. Gangguan ini biasanya menyebabkan motor tak bisa dinyalakan.
  • 21 kedipan menandakan Sensor O2 – Oxigen sensor – Gangguan sensor O2 akan diproyeksikan melalui kode ini. Sensor ini sendiri befungsi untuk mendeteksi gas buang terhadap gas-gas beracun dan kondisi pembakaran mesin.
  • 29 kedipan menandakan Sensor IACV (Intake Air Cut Valve) – Idle Air Control Valve merupakan komponen yang membantu dalam penyalaan mesin. Apabila kode ini muncul, dipastikan IACV Anda mengalami gangguan.
  • 33 kedipan menandakan ECM (Engine Control Module) – Apabila Anda mengalami kode ini, dipastikan sepeda motor Anda tidak akan bisa menayala. Pasalnya kode ini mengindikasi bahwa terjadi gangguan pada ECM (Engine Control Module) yang merupakan otak dari seluruh pengaturan sistem injeksi.
  • 54  kedipan menandakan Sensor BAS (Bank Angle Sensor) – Kode ini menunjukkan terjadi kerusakan pada sensor Bank Angle. Sensor ini berfungsi mematikan tenaga ketika mesin mengalami kemiringan mencapai 60 derajat.

Selanjutnya segera service dan bawa motor Anda ke bengkel untuk mengatasi gangguan tersebut. Disarankan ke tempat kepercayaan Anda, kalau saya biasanya ke AHASS Honda aja.

Semoga Bermanfaat..


1 tanggapan pada “Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi Honda | 2018”

  1. Pingback: Arti Lampu Indikator Motor BerWarna Merah Tanda Mesin Over Heat – Vovo Blog

Tinggalkan Balasan