Alamat Balai Karantina Ikan Lampung

BKIPM Lampung atau Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Lampung adalah instansi pemerintah dari Unit Pelayanan Teknis dan Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan – Kementrian Kelautan dan Perikanan. Tugas utamanya mencegah masuk dan tersebarnya hama penyakit ikan dan menjaga mutu produk perikanan. Sedangkan tanggung jawab, tugas serta fungsi BKIPM adalah melindungi sumberdaya perikanan seluruh wilayah negara kesatuan RI dari serangan hama dan penyakit ikan karantina dan juga melaksanakan pengendalian mutu keamanan hasil perikanan.

Oleh sebab itu semua hasil ikan yang keluar atau masuk ke dalam wilayah RI dan atau lintas nusantara diwajibkan memiliki sertifikasi karantina dari Badan Karantina setempat. Selain sebagai tindakan pencegahan masuknya hama penyakit dari ikan tersebut juga agar negara kita terhindar dari segala kemungkinan penyebaran penyakit melalui perantara hewan.

BKIPM Lampung terletak di Jalan Soekarno Hatta No. 91 Km 6-7 Campang Raya Sukabumi Bandar Lampung 35244, dengan no telpon 0721-77008. Bila Anda melalui jalan By Pass Soekarno Hatta arah Bakauheni, setelah perempatan lampu merah Campang Bandar Lampung, lurus saja kira-kira 200 meter sebelah kiri jalan. Atau bisa langsung ke Bandara Raden Intan II sebagai satuan kerja yang melaksanakan tugas fungsi karantina di pintu pemasukan dan pengeluaran wilayah di beberapa propinsi, khususnya Lampung.

Paket ikan yang masuk ke Bandara Raden Intan II semua akan melewati Badan Karantina Bandara kemudian akan menjalankan proses monitoring, pengujian laboratoris serta sertifikasi. Jikalau ada paket ikan yang belum memiliki sertifikasi karantina maka paket tersebut akan tertahan di Badan Karantina Bandara, pengirim paket akan dihubungi supaya ke lokasi dan mengurus proses karantina paketnya. Mengenai tarif atau biaya jasa per boxnya antara 6 ribu sampai 10 ribu rupiah. Datang, daftar dan tunggu antrian.

Baca Juga : Urus Karantina Lewat JNE Aja

Sebagai warga negara yang taat aturan dan tata tertib di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kita harus mematuhi aturan tersebut agar berkah, aman serta lancar. Kirim paket ikan jangan lupa di urus karantinanya demi kepentingan dan kebaikan bersama.

Wassalam

 

 

 


Tinggalkan Balasan