7 Manfaat Daun Ketapang (Obat Alami Ikan Hias)

Pohon rindang ini biasa kita temukan di jalan-jalan atau taman. Habitat aslinya hidup di pesisir pantai. Bentuknya tinggi menjulang dengan dahan-dahan melebar lurus ke arah kanan dan kiri (horizontal) sangat cocok untuk tempat berteduh di kala siang hari yang terik. Mempunyai nama latin Terminalia Catappa, pohon ini bisa mencapai tinggi kurang lebih 40 meter dengan lebar dahan sejauh 1.5 meter, cabangnya tumbuh mendatar serta bertingkat-tingkat. Bentuk daun menyerupai daun jati namun mempunyai ukuran yang lebih kecil.

Selain nama ketapang dengan pelbagai variasi nama dan dialeknya misal Batak : Hatapang, Minangkabau: Katapieng, Nias: Katafa, Teupah(Simeulue): Lahapang, Bugis: Atapang dan Timor: Ketapas dan lain lain. Pohon ini juga memiliki pelbagai sebutan seperti talisei, tarisei, salrisé (Sulawesi Utara); tiliso, tiliho, ngusu (Maluku Utara); sarisa, sirisa, sirisal, sarisalo (Maluku); lisa (Rote); kalis, kris (Papua Barat); dan lain sebagainya.

Sedangkan orang barat atau dalam bahasa inggris mengenalnya dengan sebutan nama-nama  seperti Bengal almondIndian almondMalabar almondSingapore almondTropical almondSea almondBeach almondTalisay treeUmbrella tree.

Nah,,,sudah tau belom kegunaan atau manfaat dari daunnya, ya Daun Ketapang yang sudah kering berwarna coklat atau kecoklatan tua biasa dipakai para pecinta ikan hias sebagai bahan alami untuk mengobati luka atau anti stress. Di alam liar, berdasarkan pengamatan bahwa ikan ikan di daerah sekitar tumbuhnya pohon ketapang lebih sehat dibandingkan dengan ikan yaang hidup di daerah lain, begitu pula pada penangkaran ikan, warna kecoklatan yang ditimbulkan dari daun kering tersebut membuat ikan ikan menjadi lebih sehat dan lincah tidak gampang stress.

Pembusukan daun ketapang di dalam air membuat warna air berubah seperti warna air teh, zat lanin yang terkandung pada daun ketapang dapat menurunkan PH air sehingga membuat anti bakteri dan anti jamur sehingga ikan-ikan akan sehat alami.

Selain itu berikut 7 Manfaat Daun Ketapang :

  1. Sebagai obat luka bagi ikan petarung seperti Cupang (Betta) dan jenis ikan hias lainnya
  2. Mencegah datangnya bakteri serta jamur, air akan higienes dan sehat
  3. Mencegah stress
  4. Menstimulasi/merangsang warna ikan, khususnya ikan cupang
  5. Mengurangi kadar PH air sesuai dengan kondisi ikan
  6. Membantu proses perkawinan ikan cupang
  7. Menjaga burayak (anak ikan) mati akibat terserang infeksi

Daun ketapang ini harus diproses terlebih dulu sebelum digunakan, karena daun yang kita ambil dari alam itu masih banyak kotoran dan rawan membawa penyakit. Jangan sampai maksud kita ingin sehat malah membawa penyakit akibat daun ketapang yang langsung dipakai tanpa diproses dahulu.

Mo tau caranya……

Baca artikel selanjutnya ya…

Semoga Bermanfaat

 

 

 


3 tanggapan pada “7 Manfaat Daun Ketapang (Obat Alami Ikan Hias)”

  1. Pingback: Cara Mengolah Daun Ketapang – Vovo Blog

  2. Di lingkungan bonsai lover’s daun katanya dpt digunakan sbg perangsang akar pada cangkokan..betulkah itu sobat dumayyy ?

    1. ANE BLOM MENGETAHUI SECARA JELAS GAN,,,ANE SEDIKIT TAU TENTANG PENGGUNAAN AIR KETAPANG UNTUK IKAN HIAS KHUSUSNYA CUPANG

Tinggalkan Balasan